Sabtu, 19 Mei 2012


KEUTAMAAN BULAN RAJAB

Bulan Rajab adalah salah satu dari Empat Bulan Haram yang dimuliakan Allah swt. (Bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) Surah At Taubah ayat 36. Dan bulan Rajab juga merupakan bulan pertama diantara beberapa bulan yang diberkahi. Sabda  Rasulullah SAW “Rajab adalah bulan milik Allah, Sya’ban adalah bulan milikku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku.” Nama Rajab berasal dari kata “Tarjaab” yang merupakan sinonim dari kata “Ta’zeem” yang berarti menghormati. Orang-Orang Arab sangat menghormati bulan ini sehingga pada bulan ini dilarang berkelahi, berselisih dan melakukan segala bentuk pembunuhan. Seperti dikatakan bahwa ketiga huruf dari kata  رجب (rajab)   merupakan simbol dari kebaikan-kebaikan yang berada yaitu huruf : ر (ra’) dari kata Rahmat , yang berarti ampunan Allah, ج (jim) dari kata Juud yaitu sifat murah hati Allah, dan  ب  (ba’) dari kata Baar yang bermakna pembersihan atau pengampunan Allah terhadap dosa-dosa kita.
Beribadah di bulan Rajab memiliki ganjaran yang sangat besar, terutama dengan berpuasa serta beristighfar dan bertaubat dari dosa-dosa. Dan malam pertama bulan Rajab merupakan malam yang istimewa, sebab doa sangat besar kemungkinan diterimanya di malam ini. Dalam sebuah hadits dikatakan, "Ada lima malam ketika doa di malam-malam itu tidak ditolak: malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya'ban, malam Jum'at, malam `Idul Fithri, dan malam nahar (Idul Adha)." Demikian hadits yang disebutkan oleh As Suyuthi dalam Al-Jami' Ash Shaghir riwayat Ibnu 'Asakir dari Abu Umamah.

             Bulan Rajab merupakan langkah awal untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan. Subhanallah, Rasulullah saw. menyiapkan diri untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan selama dua bulan berturut sebelumnya, yaitu bulan Rajab dan bulan Sya’ban. Dengan berdoa dan memperbanyak amal shalih. Do’a keberkahan di bulan Rajab. Bila memasuki bulan Rajab, Nabi Muhammad SAW. bermunajat,
Allaahumma Baarik Lana Fii Rajaba Wa Sya’baana, Wa Ballighna Ramadhaan. “Ya Allah, berilah keberkahan pada kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami kepada bulan suci Ramadhan.”
Pada sebuah hadist lain dikatakan :” ada sebuah surga yang bernama rajab, didalamnya terdapat sungai yang memiliki air lebih putih dari pada susu dan lebih lezat dari pada madu . Allah ta’ala akan menyuguhkan sungai ini pada siapapun yang berpuasa di bulan ini .” Karena ini adalah bulan milik Allah , maka kita disarankan untuk memperbanyak membaca surah Al-ikhlas  setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar